Ini Alasanya,Kenapa Kancing di Kemeja Pria dan Wanita Berbeda? Berikut Penjelasanya


Tau nggak sih kalo posisi kancing cowok sama cewek itu beda? Kalo kamu perhatiin dengan seksama, kancing kemeja cewek itu selalu berada di kiri, sedangkan kemeja cowok kancingya ada di sebelah kanan. Ini bisa jadi penanda pernedaan kemeja cowok dan cewek.Tapi ternyata di balik perbedaan itu, ada beberapa alasan yang bikin letak kancing cowok cewek dibikin beda lho. Apaa aja tuh?

1. Di jaman dulu, cewek selalu dibantu oleh pembantunya saat memakai baju. Sedangkan cowok harus bisa memakainya sendiri.

Di jaman Renaissance, cewek bangsawan dilarang untuk memakai bajunya sendiri. Para pembantu harus sigap untuk memakaikan baju para cewek bangsawan di masa itu. Nah supaya lebih gampang makeinnya, kancing kemeja cewek selalu dibuat di sebelah kiri.

Beda sama cowok bangsawan masa itu yang dituntut harus pakai baju sendiri. Jadi supaya beda, kancing kemeja cowok dibuat di sebelah kanan.

2. Ini juga bagian dari 'politik' Napoleon Bonaparte supaya cewek-cewek berhenti ngejekin dia saat berpose.

Napoleon Bonaparte selalu diejek para cewek pada masa itu lantaran posenya yang khas. Saat dilukis atau difoto, Napoleon akan menyelipkan tangan kanannya di bagian baju sebelah kanan. Para cewek itu mengira Napoleon cuma bisa berpose khas kayak gitu pas pake baju yang kancingnya ada di sebelah kiri.
Karena nggak tahan sama ejekan ini, Napoleon memerintahkan para pembuat baju cowok untuk mengganti semua kancing kemeja cowok di bagian kanan dan kemeja cewek di sebelah kiri.

3. Masih di jaman perang dulu, cowok selalu memegang senjata di sebelah kanan.

Di jaman perang, cowok akan memegang pedang atau senjata pake tangan kanan. Nah supaya tangan kirinya bisa mengancingkan atau membuka baju kemejanya dengan gampang, maka kancing kemeja cowok ditaroh di sebelah kanan.

4. Lain dengan cewek yang harus menjaga bayinya di sebelah kiri selama masa perang.

Kalo cowok identik dengan pedang perang yang dibawa pake tangan kanan, cewek identik dengan bayi yang digendong di sebelah kiri. Dengan alasan yang sama, kancing cewek ditaroh di sebelah kiri supaya tangan kanannya lebih gampang saat mengancingkan baju sambil membawa bayi.

5. Jadi bukti kalo cowok dan cewek itu punya derajat yang sama.

Ternyata isu persamaan gender itu udah ada sejak jaman dulu lho! Cewek nggak mau dibedain sama cowok. Lalu mereka bikin juga baju dengan model yang sama kayak cowok cuma dibedain bagian kancingnya aja.



6. Dan yang nggak kalah penting, supaya cowok dan cewek nggak saling 'mengintip' saat jalan atau duduk bareng.

Nah alasan lain yang cukup relevan sama jaman sekarang adalah supaya cowok cewek nggak saling 'ngintip' pas jalan bareng. Cowok biasanya bakal jalan di sebelah kanan cewek dan sebaliknya. Jadi keduanya nggak bakal saling ngintip daleman masing-masing lantaran posisi kancing yang tertutup.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Ini Alasanya,Kenapa Kancing di Kemeja Pria dan Wanita Berbeda? Berikut Penjelasanya"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.