5 Manfaat Berbuat Baik Pada Orang Lain


Lintas6.com - Berbuat baik pada orang lain adalah salah satu sikap terpuji yang diajarkan dalam semua agama maupun semua disiplin ilmu. Berbuat baik kepada orang lain dengan niat yang ikhlas dan cara yang baik tanpa membedakan suku, ras, entis dan lain sebagainya adalah karakter bangsa Indonesia sesungguhnya.

Berbuat baik kepada orang lain, tidak hanya bermanfaat bagi orang lain. Ternyata, justru manfaat terbesar yang didapatkan saat berbuat baik pada orang lain adalah bagi kita sendiri. Maanfaat terbesar itulah yang disebut dengan kebahagiaan. Saat berbuat baik kepada orang lain, hati kita menjadi lebih bahagia. Dan tidak ada yang menandingi indahnya hidup selain kebahagiaan.
Nah, bagaimana kita bisa bahagia saat berbuat baik pada orang lain? Berikut ini 5 manfaat berbuat baik pada orang lain yang mengantarkan kita pada kebahagiaan.
1. Menciptakan Kenyamanan Hati
Saat kita berbuat baik pada orang lain, ada perasaan senang, bangga dan nyaman. Secara alamiah, manusia ingin selalu bermanfaat bagi orang lain. Meskipun dalam hal terkecil sekalipun, seperti tersenyum, memberi jalan pada penyeberang, memberikan sedekah akan sangat membuat hati kita nyaman. Bahkan, pada studi psikologi disebutkan bahwa saat kita membantu orang lain, ada bagian otak yang memicu rasa penghargaan terhadap diri kita sendiri. 

2. Lebih Menghargai Diri Sendiri
 
Berbuat baik kepada orang lain bukan hanya berarti kita menghargai orang tersebut, namun juga berarti kita menghargai diri kita sendiri. Menghargai diri kita sebagai makhluk sosial yang memiliki banyak teman, memiliki hubungan baik dengan orang lain dan berguna dalam kehidupan. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri kita dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mempererat Hubungan
 
Berbuat baik pada orang lain tentu saja akan mempererat hubungan keduanya. Akan muncul rasa saling menghargai, memberi, dan saling membutuhkan. Perasaan tersebut akan semakin memperkuat persahabatan dan relasi yang ujungnya bersama-sama saling berbuat kebaikan.
4. Menghindarkan Stres 
 
Orang yang terbiasa berbuat baik kepada orang lain tidak akan pernah merasa stres karena cenderung merasa bahagia. Mereka memiliki banyak teman yang bisa saling membantu. Sebaliknya, orang yang sering stres tidak memiliki hubungan baik pada semua orang. Mereka hanya bergaul pada lingkup tertentu. Berbuat baik pada orang lain akan membuat hati kita tenang, damai dan bahagia sehingga stres pun menjauh. 
5. Menularkan Kebaikan yang Lain
 
Saat kita berbuat baik pada orang lain, maka akan muncul perasaan untuk melakukan kebaikan-kebaikan yang lain pula. Tidak hanya itu, orang lain yang menyaksikan kita berbuat baik, juga akan tertular untuk melakukan kebaikan. Energi positif yang ia lihat tertular ke dalam dirinya sehingga ia berusaha berbuat baik pada orang lain. Orang lain yang menyaksikannya pun akan merasa demikian hingga seterusnya.
Kita bayangkan jika satu orang memberikan energi positif berbuat baik pada orang lain. Lalu energi tersebut tertular pada orang lain. Maka semua orang akan berlomba-lomba berbuat baik. Akibatnya, semua orang merasa bahagia, nyaman hatinya, lebih menghargai pribadi masing-masing, terhinfar dari stres dan akhirnya semua orang bahagia. Terbayang bukan kekuatan berbuat baik pada orang lain untuk kebahagaiaan? Mari berbuat baik! motivasidiri99.blogspot.co.id
 
 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "5 Manfaat Berbuat Baik Pada Orang Lain"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.