Penyebab Utama Ngiler pada saat tidur


Lintas6.com - Tidur adalah waktu istirahat yang diperlukan oleh semua orang. Dengan istirahat, seluruh organ kita akan beristirahat sehingga tidak mudah lelah dan kesehatan tetap terjaga. Terkadang, ketika seseorang tidur ia ngiler. Iler ini mempunyai bau yang tidak sedap. Kenapa seseorang selalu ngiler saat tidur? Ini dia penyebabnya.

Mengapa Orang Selalu Ngiler Saat Tidur? Ini Dia Penyebabnya
 
Ngiler sering disebut dengan ngeces dimana akan keluar dengan tidak sengaja air iler atau air liur ketika tidur. Hal ini wajar terjadi, terutama pada bayi atau anak-anak. Namun, jika ngiler terjadi pada orang dewasa, maka kemungkinannya disebabkan karena kebiasaan tidur yang tak baik. Selain itu juga bisa disebabkan karena adanya kelainan pada kelenjar ludah atau bawaan dari penyakit tertentu. Volume iler akan lebih banyak keluar dari anak-anak atau bayi. Jadi, tidak heran jika pada bantal yang digunakan akan terbentuk bercak iler, seperti bentuk pulau.
Meskipun ngiler merupakan hal yang wajar, tapi bagi orang dewasa hal ini cukup memalukan. Terlebih jika diketahui oleh orang lain, karena di atas sarung bantal akan terlihat jelas bukti otentik dari ileran. Berikut ini adalah penyebab selalu ileran saat tidur:
1. Terbukanya mulut
Apabila kita tidur dalam keadaan mulut terbuka. Maka udara atau angin akan membuat rongga mulut menjadi lebih lembab sehingga menyebabkan mulut kering. Oleh karena itu, air liur akan keluar dengan lebih banyak.
2. Kondisi mulut yang kering
Ketika mulut dalam keadaan kering, maka mulut akan memproduksi air liur lebih banyak. Jika air liur tersebut sudah tidak bisa ditampung lagi oleh mulut maka akan keluar melewati celah muluh, inilah yang disebut dengan iler. Sedangkan jika kita tidak dalam keadaan tidur tapi mulut kita kering maka air liur akan keluar lebih banyak juga. Hal ini membuat kita menjadi sering meludah ataupun menelan ludah. Inilah penyebab ngiler waktu tidur.
3. Tengkurap
Setiap orang mempunyai posisi tidurnya masing-masing yang membuat nyaman ketika tidur. Salah satu posisi tidur adalah tengkurang. Beberapa orang memilih untuk tengkurap. Ketika tidur tengkurap, rahang mulut akan tertekan dan membuat mulut menjadi terbuka sehingga menyebabkan mulut kering.
4. Masalah gusi dan gigi
Ketika kita mengalami sakit gigi atau gusi, kita akan lebih sering membuka mulut dan mengambil angin darri mulut. Hal ini membuat rongga mulut menjadi kering sehingga kelenjar ludah mengeluarkan air liur yang lebih banyak. Apabila kita tidur dalam keadaan seperti ini, maka air liur akan keluar melalui celah mulut.
5. Efek zat kimia tertentu
Beberapa obat dengan bahan kimia mempunyai efek samping berupa mulut kering ataupun produksi air liur yang berlebih. Jangan menjadikan hal ini menjadi penghalang bagi kita untuk minum obat tersebut demi kesehatan.
6. Anatomi mulut yang kurang normal
Gigi yang terlalu rapat dan ukuran lidah yang terlalu besar membuat seseorang ngiler. Banyaknya gigi membuat air liur menjadi lebih banyak ditampung di mulut sehingga akan keluar ketika kita tidur. Sedangkan untuk lidah yang besar membuat mulut menjadi terbuka ketika tidur. Sehingga angin dapat masuk dan membuat rongga mulut kering.
Demikian penjelasan mengapa "selalu ngiler saat tidur?". Meskipun hal ini wajar terjadi, namun ngiler juga disebabkan oleh beberapa hal, terutama bagi orang dewasa. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa cara mengatasi ngiler saat tidur. mungkin dengan usaha yang tepat dan rutin dapat mengurangi kebiasaan ini.
 
log.viva.co.id
 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Penyebab Utama Ngiler pada saat tidur"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.