Peduli Keselamatan Berkendara Sepeda Motor di Jalan Raya


Peduli keselamatan berkendara sepeda motor di jalan raya - Saat ini minat terhadap pemenuhan kebutuhan alat transportasi berupa sepeda motor begitu tinggi. Hal ini bisa terlihat dari membludaknya sepeda motor baik baru ataupun second yang terlihat lalu lalang dijalanan. Tidak mengherankan jika kondisi jalan raya sekarang ini terasa menjadi lebih sempit.

Semakin padatnya jumlah sepeda motor yang lalu lalang dijalanan tentu saja menambah resiko berkendara dijalan raya juga semakin besar. Oleh karena itu sangat penting bagi para pengendara sepeda motor untuk mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan keselamatannya ketika berada dijalan raya.

Berikut ini beberapa tips agar ketika kita berkendara di jalan raya menjadi lebih nyaman sehingga bisa selamat dan aman sampai ditujuan.



1. Pastikan mesin sepeda motor dalam kondisi baik
Memeriksa mesin sepeda motor sebelum bepergian merupakan langkah awal yang bijaksana bagi seorang pengendara sebelum melakukan perjalanan. Resiko kerusakan sepeda motor ditengah jalan tidak hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga bisa merugikan orang lain. Jika kita tidak ahli dalam bidang mesin, kita bisa memeriksa sepeda motor secara berkala di bengkel yang kita percaya.

2. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan siap berkendara
Berkendara ketika tubuh tidak fit bisa berakibat fatal. Banyak sekali pemberitaan yang mengabarkan terjadinya kecelakaan di jalan raya disebabkan sang pengemudi sepeda motor dalam kondisi mengantuk atau kurang sehat. Untuk itu sudah selayaknya bagi seorang pengendara untuk berhati-hati dan memperhitungkan dengan matang sebelum mengemudikan sepeda motor jika memang kondisi tubuhnya sedang tidak sehat.

3. Membawa surat-surat berkendara dan helm
Membawa SIM dan STNK sangatlah penting untuk tetap dibawa ketika sedang berkendara. Kejadian tak terduga dijalan terkadang membutuhkan surat-surat tersebut. Selain itu memakai pelindung kepala berupa helm, jaket atau penutup dada bisa bermanfaat dalam membantu menjaga kondisi tubuh saat berkendara. Tidak ada salahnya jika dimusim penghujan kita juga mempersiapkan jas hujan.

4. Membawa bekal persiapan uang tunai
Yang namanya berkendara menggunakan sepeda motor tidak selamanya akan berjalan lancar. Adakalanya muncul masalah di tengah jalan yang bisa mengganggu perjalanan kita. Walaupun kita sudah memeriksa mesin dan tubuh kita dalam keadaan sehat, bisa saja kita mengalami ban bocor, kehabisan bahan bakar atau masalah lainnya yang memerlukan penanganan segera. Di saat inilah kita perlu mempersiapkan bekal berupa uang tunai untuk mengantisipasi masalah-masalah tersebut.

Jadi sebelum berkendara, alangkah baiknya jika setiap pengemudi sepeda motor benar-benar peduli terhadap keselamatannya dijalan raya dengan cara memeriksa kondisi mesin, memastikan tubuh dalam keadaan siap berkendara, membawa surat-surat berkendara, memakai helm dan jangan lupa untuk membawa perbekalan uang tunai. Dengan demikian seorang pengendara sepeda motor bisa meminimalisasi terjadinya kecelakaan dan mempunyai rasa aman ketika diperjalanan.

Sumber

Peduli Keselamatan Berkendara Sepeda Motor di Jalan Raya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Peduli Keselamatan Berkendara Sepeda Motor di Jalan Raya"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.