Negara Ini Melarang Pejabatnya Menggunakan Smartphone


Lintas6 - Smartphone saat ini sudah menjelma sebagai salah satu alat komunikasi yang mendunia karena kecanggihan aplikasi yang sangat mendukung dan memanjakan pemakainya. Penggunaan smartphone tidak hanya dipakai sebatas untuk kepentingan pribadi, tetapi juga dimanfaatkan oleh perusahaan dan lembaga pemerintahan dengan tujuan yang berbeda.
Menggunakan fasilitas ini tentunya bisa membuat pekerjaan bisa lebih efektif dan efisien. Tetapi di negara Iran para pejabatnya justru dilarang memakai smartphone dengan alasan keamanan negara. Untuk meengganti fungsi smartphone para pejabat negara tersebut diminta untuk menggunakan ponsel yang lain untuk menjalankan tugas mengenai informasi yang sensiitif.
Larangan ini muncul setelah Swiss dan Austria menemukan adanya usaha penyadapan yang dilakukan disebuah hotel tempat perundingan nuklir antara Iran dan sejumlah negara. Negara Iran sangat sensitif terhadap segala ancaman siber karena pada tahun 2010 program nuklir Iran terkena virus stuxnet. Sejumlah ahli IT menuduh Israel sebagai dalang dari propaganda tersebut.
Usaha penyadapan yang dilakukan para peretas tersebut menjadi alasan kuat Iran untuk melarang para pejabatnya memakai smartphone ketika bertugas karena data yang dimasukkan pejabat bersifat permanen dan tidak bisa dihapus. Hal ini dimungkinkan akan memudahkan para peretas untuk mengambil data keamanan negara.
Namun, aturan tersebut tidak bersifat mutlak dan membebani. Para pejabat negara dilarang menggunakan smartphone hanya ketika sedang bertugas. Mereka masih bisa menggunakan alat tersebut ketika menjalani kehidupan pribadinya. 
Negara Ini Melarang Pejabatnya Menggunakan Smartphone

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Negara Ini Melarang Pejabatnya Menggunakan Smartphone"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.