Begini Cara Menyembuhkan Flu Dengan Air Panas


Lintas6 - Hidung tersumbat, meriang serta kepala pusing adalah gejala dari penyakit flu. Penyebabnya adalah tingginya tingkat kelembapan udara yang mampu menyuburkan pertumbuhan virus dan bakteri. Jika tidak diantisipasi dengan tepat tentunya gejala-gejala flu dapat menghambat aktivitas sehari-hari.
Selain adanya obat sebagai sarana penyembuhan, ternyata air panas juga mampu dimanfaatkan untuk melawan flu. Berikut cara sederhana memanfaatkan air panas untuk melawan flu.
1. Manfaatkan air panas untuk berkumur
Berkumur dengan air hangat hingga tenggorokan mampu mempercepat penyembuhan flu. Akan lebih baik jika berkumur dengan air panas yang dicampur dengan bahan-bahan herbal seperti lemon, garam atau chamomile. Hal ini dikarenakan kandungan anti-bakterinya mampu membunuh kuman penyebab sakit tenggorokan.
2. Perbanyaklah mengkonsumsi cairan panas
Mengkonsumsi banyak cairan panas atau hangat seperti sup panas, teh herbal, atau air putih hangat sangat cocok bila flu semakin memburuk. Cara ini bermanfaat mempercepat pemulihan saat sedang sakit, menyembuhkan radang membran dan tenggorokan serta mampu memberikan kekuatan melawan infeksi.
3. Mandi menggunakan air panas
Manfaat mandi dengan air panas mampu membantu meringankan rasa sakit serta nyeri karena flu. Uap dari air panas berkhasiat membuat hidung menjadi lega.
Selain itu ini adalah manfaat air hangat untuk kesehatan

1.Memperlancar aliran darah
Mandi air hangat dapat memperlancar aliran darah dikarenakan dengan air hangat jantung lebih terpacu sehingga memompa lebih cepat dan memperlancar aliran darah. Mandi air hangat yang dilakukan 1-2 kali dalam seminggu sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh bahkan kesehatan jantungpun juga terjaga.
2. Membuat tidur lebih pulas
Siapa yang tidak suka tidur dengan pulas?setiap orang pasti akan menginginkan tidur pulas, tapi banyak orang yang sulit untuk mendapatkannya. Dengan mandi air hangat dapat membantu anda supaya mendapatkan tidur pulas  dikarenakan air hangat tubuh menjadi tenang dan melemaskan otot-otot yang tegang setelah beraktifitas seharian sehingga tidurpun menjadi pulas.
3. Menghilangkan nyeri sendi
Setelah melakukan olahraga atau aktifitas yang melelahkan terkadang membuat otot kaku bahkan nyeri sendipun terasa sakit. Mandin air hangat dapat membuat otot menjadi tidak tegang dan nyeri sendi dapat terobati. 
4. Menurunkan tekanan darah
Mandi air hangat dapat menurunkan tekanan darah dikarenakan jantung berdetak lebih kencang, akan tetapi bagi penderita jantung alangkah lebih baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai mandi air hangat supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
5. Menurunkan berat badan
Mandi dengan air hangat seperti melakukan sauna, dapat mengurangi berat badan apabila dilakukan secara rutin dan teratur.
6. Membersihkan kulit
Tentunya mandi akan membersihkan kulit, tetapi mandi dengan air hangat lebih optimal dalam membersihkan kulit dari kotoran maupun keringat yang menempel pada kulit.
7. Mengurangi sakit kepala
Sakit kepala atau pusing biasanya disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah, sehingga dengan mandi air hangat dapat mengurangi sakit kepala karena pembuluh darah dikepala menjadi lancer.
8. Mencegah batuk dan flu (pilek)
Dengan mandi air hangat, lendir yang ada ditenggorokan dapat berkurang sehingga dapat mencegah batuk dan penyakit flu. Bahkan mandi air hangat dapat meringankan gejala flu maupun batuk.
Cara Memanfaatkan Air Panas Untuk Melawan Sakit Flu

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Begini Cara Menyembuhkan Flu Dengan Air Panas"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.